SEJARAH PURA KAWITAN KARANG BUNCING

KAWITAN KARANG BUNCING

KAWITAN KARANG BUNCING

 Pura Kawitan Sri Karang Buncing berada di depan SD Negeri I Blahbatuh, Jalan Dharmawangsa, persisnya 100 mtr. ke utara Pura Puseh, Dusun Pakraman Blahbatuh, Gianyar.

Ide pemujaan Tuhan lewat Bhatara Hyang Kawitan sesudah hadirnya Danghyang Nirartta di Bali yakni sezaman dengan kehadiran beberapa angkatan sesudah zaman Sri Karang Buncing.

Sri Karang Buncing tampil dua masa, Sri Karang Buncing ke I saudara kandungan dengan Sri Rigis yang melahirkan Sri Kbo Iwa dan adik kandungan Sri Kbo Iwa lahir buncing (laki dan wanita) dan dinamakan Sri Karang Buncing , jika bisa disebutkan Sri Karang Buncing yang ke II, lalu beliau dinikahkan berdua yang melahirkan beberapa masyarakat Sri Karang Buncing yang berada di jagat ini. Sri Karang Buncing II ialah adik kandungan dari Sri Kebo Iwa yang hidup seputar tahun 1324 Masehi. Nama Sri Karang Buncing berikut yang jadi momen untuk kenang kembali beberapa nenek moyang oleh beberapa masyarakat dan diperjelas kembali dalam ART Sri Karang Buncing, pasal 21, pada Mahasabha, hari senin, tanggal 2 Pebruari 2004, di Nusa Mandala Tohpati, Denpasar.

Pengalihan kekuasaan benar-benar bawa imbas politik psikis untuk masyarakat Sri Karang Buncing dalam kepemerintahan di Bali untuk cari identitas nenek moyang mereka sebelumnya sebab nyineb wangsa (tutup asal mula) hingga dalam masyarakat ada yang menyebutkan diri,:

  • prabali karang buncing,
  • arya karang buncing,
  • sri karang buncing,
  • gusti karang buncing,
  • bendesa karang buncing,
  • pasek karang buncing,
  • soroh karang,
  • dan sebagainya, bergantung dari segi mana mengawalinya sama pekerjaan dan kedudukan beliau waktu itu.

Walau sebenarnya sebenarnya Karang Buncing berawal dari nama Sri Karang Buncing adik kandungan dari Sri Kbo Iwa yang moksah di Jawa. Dari nama Sri Karang Buncing ini yang melahirkan beberapa nama Karang Buncing yang berbeda itu diatas. Peluang tanda-tanda ini mengakibatkan pemerintahan yang berkuasa dalam masalah ini Dinas Kebudayaan jadi ragu-ragu untuk menulis secara sah dalam paguyuban antar masyarakat yang berada di Bali atau peluang beberapa pimpinan Bali memang sungguh telah lupakan riwayat Bali periode lalu.

Kehadiran Pura Kawitan Sri Karang Buncing tercatat dalam lontar Usana Bali pindah aksara oleh Jero Mangku Nengah Swena dan Jero Gede Karang Tangkid Suarsana (ketua umum masyarakat) menerangkan Pura Kawitan Sri Karang Buncing, dibuat oleh I Gusti Karang Buncing, Sebab sama-sama kawin mengawini di antara dua keluarga penguasa di Wadwasila (Blahbatuh) yakni di antara turunan Sri Paduka Agung Made Jambe (Raja Agung tengah) putra mahkota dinasti Dalam Kepakisan dengan turunan I Gusti Karang Buncing, treh akhir raja-raja Bali Kuno.

Pengalihan kekuasaan tentu saja bawa imbas politik psikis untuk warga sekitar. Di mana Pura Ribut yang awalannya selaku tempat suci beberapa raja Bali pada akhirnya jadi monument kebersama-samaan dari 2 dinasti di antara Hindu Bali dan Hindu Majapahit. Demikian juga posisi dan peranan Pura Ribut beralih menjadi Pura Puseh jungjungan umat Hindu Dusun Pakraman Blahbatuh. Untuk mengakali supaya masyarakat tidak tercerai berai berpindah ke barisan masyarakat lain, atau peluang ketentuan baru dari pemerintahan yang berkuasa seterusnya, diharuskan untuk membangun tempat pemujaan arwah suci beberapa nenek moyang dari tiap-tiap barisan masyarakat, hingga I Gusti Karang Buncing membuat Pura Kawitan yang ada waktu kini. Selain itu, Pura Kawitan berperan selaku tempat berhubungan antar sama-sama masyarakat Sri Karang Buncing dan semua warih (turunan) dari Sri Ksari Warmmadewa di mana juga mereka berada.

Dalam Lontar Usana Bali, Bhisama Sesudah Meninggal dunianya Ki Kebo Iwo dan Ki Pasung Gerigis, Dan Timbulnya Pura Kawitan Sri Karang Buncing, berikut ini:

...Caritanen sampun pejah Ki Kbo Iwo muah Ki Pasung Gerigis sampun angemanin palatra mangen angen citanira Arya Karang Buncing, pejahikna pangindra jaring Ki Kbo Taruna muah Ki Pasung Gerigis, sampun alah punang pulina Bali, denira patih Gajah Mada mangke muah Arya Karang Buncing amukti maring Blahbatuh, mangke hana citanira didinia angewangun aken bisama ring preti wangsanira sedaya marmane tan keneng pangindra jaring, mangke sentanan ingsun ngwangun akena parahyangan Pura Karang Buncing palinggihan Hyang Kawitan ira Karang Buncing wit I Gusti Karang Buncing, kasungsung kasiwi ring preti sentananira kayang kawekas-wekas, tan resmi sira anyungsung Hyang Kawitan ring Pura Karang Buncing, wenang ring Pura Karang Ribut, turun-temurun, apan sira hulunaning Bali nguni.

Hana pitekenia Kawitan sira Karang Buncing, kita sentanan ingsun makabehan away kita tan eling ring kawitan anyungsung anyiwi ring Pura Karang Buncing, ring Pura Karang Ribut, makadi ring Gunung Lempuyang, yan kita lali, wastu sira anadi jatma sudra jati, rered pabuktianta, mentik, mentik, punggel.

Karena itu panyudaning laranta apan kita madoh-dohan genah, yan hana ngangken pesanak musuh kita, arep anyungsung Kawitan, away kita wekang, apan kita tan weruh ring karena itu jatinia, sakewala pejatian dumun ring ajeng panyungsungan, yan harep ujub penyaji, wenang terkena aweka pasanak nyungsung Kawitan. Mangke waluya kita muah dane Jro Wayan Karang Buncing, arajya ring Wadwa Sila, adruwe oka sawiji laki, anama Jro Gede Karang Buncing Dimade, sira jumeneng ngawasa wasita, ring wadwa sila ana Bandanda nira, ring Getas anama Jro Gede Kulit, ring Getas anama Jro Kacang.

Ika papatih awesana tan manuteng sila yuleti, apuara acengilan, ika matangnia Jro Gede Karang Dimade kapegan rasaning tuas dadianta ana adnyana nira tumedek ring pada pangkaya Bathara ring Pura Ribut andewa sambil ananja Bathara, ana awak yaning Hyang kenen amewra preti wangsan Sri Mreja Kepakisan, ika karena itu suraksa ring wadwa sila, mangkana linggih Hyang Suksma, lyer pwa sira Jro Gede Karang Dimade neher mulihing ring wisma mangkana, ika masak nira Jro Gede Karang Buncing anahura putra nira, Sri Paduka Pembahyun astana ring giri Terlihat Hyang, putran sira Sri Paduka Pembahyun.

Tatri neping ngastra, ika tinukur, silik diri adnyananira Sri Paduka Pembahyun, kang panghulu kasinungan Jro Gede Karang Dimade demikang juesta, sumende ring Sema Kuta Negara, Ika matangnya Sri Paduka Agung Made Jambe tinukur ke wadwa sila ingangge pakulunan di Jro Gede Karang Dimade, kunarya naken rajya, angaran rajya Agung Tengah.Riwus mangkana wus mandet palungguh ira sinurukan si kalihdiri si anama Jro Gede Kulit mwang Jro Wayan Kacang sineka ring rajya Agung tengah prapta si kalihdiri, adnyanira Sri Paduka Agung Gede Jambe Kinon kejagatwan mawi sanak, anaku si kalihdiri, tan wikang rasa adnyananira Sri Paduka Agung Jambe ring Wadwa Sila negara.Riwus mangkana hana sadnyanira Sri Paduka Agung Jambe ring Jro Gede Karang Dimade, marunania angwangun pura ingaran Pura Batur Sari, karena itu palingganira Bhatara Sri Srengga karena itu pamuspanira kinaryaken gopura ukur-ukuran, kang anukangin gopura ika wang sanak ira ring Jro Gede Karang Dimade.

Hana Makuruyu rumui widnya pwasira amawas rupan ikang kina, hana palingganira, Puseh Bale Agung, makadi Dalam Agung Tenggaling, aramas-ramas pwang kata, ripandiri nira Sri Paduka Agung Made Jambe, ledep pwa sira mantukeng sunia taya temajanira gumanti andiri, apan ngaran Paduka Agung Gede Agung. Yan pirang warsa kunang usang ira amukti sida neher sira pranantika, atmajanira gumanti apasadnyan Paduka Agung Gede Ngurah, yan pirang kunang usang ira madeg ratu, tehen sira prayate putranira gumanti abhiseka Sri Paduka Agung Gede Dalem. Yan pirang warsa aspen dirinira, tan dwa rumpuh kawiryawanira, atilar ring rajya giniring pwa sira tumut tajanira, apendah Paduka Agung Putra heneng akweh preti wangsanira Sri Paduka Agung Gede Jambe...

(Lontar Usana Bali)

Makna Bebas:

Dikisahkan sesudah meninggal dunia Ki Kebo Iwa dan Ki Pasung Gerigis telah kembali kealam baka, terpikir-bayang pemikiran Arya Karang Buncing wafat sebab terkena jebakan Ki Kebo Iwa dan Ki Pasung Gerigis, sesudah kalah Pulau Bali oleh Patih Gajah Mada, selanjutnya Arya Karang Buncing berada tinggal di Blahbatuh, selanjutnya ada kemauan sendiri untuk membuat ketentuan untuk semua masyarakat semua, supaya masa datang tidak terkena penipuan, selanjutnya turunan beliau membuat parahyangan Pura Karang Buncing tempat suci Hyang Kawitan beliau Karang Buncing dari I Gusti Karang Buncing dipiara dan dipuji oleh turunan beliau selamanya,

bukan hanya memiara Hyang Kawitan di Pura Kawitan, harus di Pura Karang Ribut, turun temurun, selaku pusatnya Bali dulu, ada keharusan Kawitan Beliau Karang Buncing, kalian turunanku semua, tidak boleh kamu tidak ingat dengan Kawitan menjungjung dan memuja di Pura Karang Buncing, di Pura Karang Ribut, di Lempuyang, bila kamu lupakan, disumpah oleh beliau jadi orang miskin sekali, kering kekayaanmu, berkembang, berkembang, terpenggal.

Selaku penyucian kemelaratan sebab kamu tinggal berjauhan-jauhan, jika ada yang akui bersaudara dengan mu, pengin mejunjung Kawitan, sebaiknya kamu tidak boleh menyingkirkannya, sebab kamu tidak paham akan asal sebenarnya, cuman pernyataan dulu, di depan kerama penyungsung, bila pada "ujub penyaji" harus terkena pungutan anggota nyungsung Kawitan, kelak sama kamu dengan beliau Jro Gede Karang Buncing, menggenggam kedudukan di Wadwa Sila, memiliki putra lelaki namanya Jero Gede Karang Buncing Dimade, beliau tempati di daerah kekuasaan di Wadwa Sila ada turunan beliau, di Getas namanya Jro Gede Kulit, di Getas namanya Jro Kacang, mereka pepatih tidak mengikuti tata bersusila, tidak benseteru, itu penyebabnya Jero Gede Karang dimade berasa benar-benar berduka hatinya hingga ada pemikiran beliau untuk lebih mendekat dengan Bathara di Pura Ribut sambil meminta dana untuk beberapa Bathara, bila ada seorang yang disebut turunan Sri Mreja Kepakisan itu selaku penjaga di Wadwa Sila, begitu posisi Hyang Suksma,

dikisahkan beliau Jero Gede Karang Dimade akan kembali pada rumahnya sebelumnya, itu penyebabnya Jero Gede Karang Buncing memerintah putranya Sri Paduka Pembahyun yang berada tinggal di Gunung Terlihat Hyang, anaknya Sri Paduka Pembahyun pakar dalam ilmu dan pengetahuan itu yang menjadi unggulannya, wacana beliau benar-benar luas, salah seorang keyakinan Sri Paduka Pembahyun ialah ajudan Jero Gede Karang Dimade yang khusus, berada di Sema Kuta Negara Itu penyebabnya Sri Paduka Agung Made Jambe ke arah Wadwa Sila selaku orang yang disegani oleh Jero Gede Karang Dimade, menjadi raja bertitel Raja Agung tengah Sesudah melakukan pekerjaannya mengajarkan 2 orang yang namanya Jero Gede Kulit dan Jero Wayan Kacang jadi putra mahkota Raja Agung tengah ke-2 nya, kemauan beliau Sri Paduka Agung Gede Jambe ke-2 anaknya itu memiliki turunan, tidak terhitung hati beliau Sri Paduka Agung Jambe di Wadwa Sila Negara

Kemudian ada kemauan beliau Sri Paduka Agung Jambe ke Jero Gede Karang Dimade, supaya membuat pura namanya Pura Batur Sari, selaku tempat berstananya Bhatara Sri Srengga, selaku penyembahannya dibuatkan Gopura Ukur-Ukuran, dan yang melakukannya ialah turunan dari Jero Gede Karang Dimade, ialah ketentuan-ketentuan yang mengendalikan bangunan itu telah ada sejak dari dahulu, seperti Puseh Bale Agung, seperti Dalam Agung Tenggaling, singkat kata, sepanjang hidupnya Sri Paduka Agung Made Jambe sampai meninggal dunia kembali kealam baka, turunanya yang menggantinya, yang namanya Paduka Agung Gede Agung, entahlah berapakah tahun lama waktunya beliau jadi raja hingga kemudian diganti oleh putranya yang bertitel Sri Paduka Agung Gede Dalam, entahlah berapakah tahun lama waktunya berkuasa sampai pada akhirnya kering bungkusyurannya, tinggalkan kerajaan disertai oleh putranya, sepeninggalan Paduka Agung Putra, banyak turunan Sri Paduka Agung Gede Jambe yang tertinggal.

Aedan Piodalan di Pura Kawitan Sri Karang Buncing, Blahbatuh

Lupasir masyarakat Sri Karang Buncing Jro Wayan Gede Oka (Guru Oka) dan Penopang Pura Kawitan Jro Mangku Ketut Karmana menjelaskan hari Piodalan di Pura Kawitan jatuh di hari Selasa Kliwon Wuku Tambir (Anggara Kasih Tambir) tiap enam bulan kalender Bali dengan ambil runutan acara selaku berikut ini:

1 minggu saat sebelum hari piodalan krama pangemong dan pangempon lakukan beres-beres di pura.

Lima hari saat sebelum hari piodalan persisnya hari Jumat wuku Merakih lakukan penyiapan dan pengerjaan banten caru.

3 hari saat sebelum piodalan persisnya Sabtu Merakih ialah beberapa pengayah lanang istri lakukan penyiapan penerapan caru dan mebat ben caru, jika mebat sudah usai ada beberapa masyarakat untuk mendak tirtha ke Pura Lempuyang Gamongan.

2 hari saat sebelum hari piodalan atau hari Minggu Tambir ialah upacara Ngingsah / Nyangling di Pura Kawitan.

Sehari saat sebelum acara piodalan pengaturan banten piodalan.

Pas hari Anggara Kasih Tambir, hari piodalan di Pura Kawitan, pagi-pagi sekali masyarakat lakukan mebat/ nampah babi, itik, beberapaya, dan mamenjor. Di siang hari pralingga Ida Bhatara Kawitan melasti ke Beji dan seputar jam 4.30 sore, acara pucuk piodalan diawali sesudah memendak Ida Bhatara Batur Sari, Ida Bhatara Puseh, Ida Bhatara Pangulu, Ida Bhatara Pura Gaduh. Upacara piodalan dipegang oleh Ida Peranda ditolong oleh Jero Mangku dengan disertai wayang kurang kuat, kedok, dharma gita, nyutri, maprani, dan sebagainya

Hari Rabu Umanis satu hari sesudah hari piodalan yang umum disebutkan umanis odalan dikerjakan acara runutan dan nganyarin.Hari Kamis Paing 2 hari sesudah piodalan yang umum disebutkan pahing odalan dikerjakan nganyarin dan runutannya

3 hari sesudah piodalan Jumat Pon Tambir ialah hari Nyimpen/Panyineban, di puput oleh Ida Peranda dan ditolong oleh beberapa penopang dengan akhir acara mudalang Ida Bhatara Batur Sari, Ida Bhatara Puseh, Ida Bhatara Pangulu, Ida Bhatara Pura Ribut dan Ida Bhatara Katuran lainnya.

Agung Panugrahan Danghyang Nirartta untuk Treh Sri Karang Buncing, Dikeluarkan Jaman Pemerintah Sri Kresna Kepakisan Baturenggong.

Mangke caritanen Treh nira Sri Karang Buncing, risapamadegan nira Sri Kresna Kepakisan Baturenggong, anugrahaken desaparadesa maring sira Bandesa Karang Buncing ndyata, Karang Buncing Kuta ngamong pradesa Jimbaran, mwah Bandesa Silabumi, Bandesa Sraya, Bandesa Sege, Bandesa Garbawana, Bandesa Ujung, Bandesa Tumbu, Bandesa Bugbug, Bandesa Asak, Bandesa Timrah, Bandesa Prasi, Bandesa Subagan, mwang Bandesa Sibetan, mula Treh Sri Karang Buncing, mapalarasan karena sangat Batahanyar, sira Karang Ribut maring Takmwang wawengkon Gelgel, angamong paryangan ingaranan Pura Ribut, apan nguni saat ri sapalarasan nira sakeng Batahanyar, ngawa batur kalawasan arupa lingga sila abebed karena itu rumaketang pasanakan, mwang karena itu pangiket temangsanira sedaya maring Batahanyar, moga dandantu sira tan kahili-hilya sawarihta maring kahyangan nira Pura Ribut kayeng kawekas wekas, maring Pura Karang Buncing, mwang maring Pura Lempuyang, Gamongan, yan kita lali makayangan ring kalinganika mogariastu kita anadi wang bingung, mangan tan mangan, minum tan nginum, maha bara laranta mapan tan menget ring kalinganika ngaran, ika marmanyan kita tan jenek lungguh, maring pasenetan, mangkana subal,

Nihan kramaning atiwa-tiwa, kagaduhanira Bandesa Karang Buncing, sakeng panugrahan nira, Dhanghyang Nirartta, duk panyenengan nira Sri Kresna Kepakisan Baturenggong ratuning Bali-dwipa, madeg maring Gelgel, Isakawarsa, Pandita Ngaksi Apwi Bhaskara ( ?), mapata lwirnyan, yan hana Pratisentana nira karepin kwunya, mati sadurung kepus wedel, kawenang ikang cuntakanya, 18 dina swenya, nanging yan sampun kepus wedel, sadurung maketus untunya, cuntakanya maswe 9 dina, yan sampun maketus untunya, wenang nya maswe 27 dina, pangametnya, mawit lina, mwah yan sira mawangun, wenang sira angamet upakara, Tercela, Madya, Khusus, lwirnya, Nyawawedana, sawa preteka, pranawa, swasta, khusus, madya, tercela, kaupacara, wenang sira ngangge tempat tumpang 7, munggah sahananing kapas, patulanganira ngaran sang Lembu Wara, Singa Sardhula, Gajah Mina, sahananing buron wenang, yan sira apudgala, manukuhin wenang sira angagem Lembu Cemeng, mapadmasana, munggah warna putih kuning, apamatangnyan agung panugrahan ira, ring Bandesa Karang Buncing, wetning sira wit Treh sira Danghyang Sidhimantra, neng mangkana, walyang ikang kata.

(Piagem Dusun Gamongan, hal. 17b-20a).

Makna Bebas:

Berikut dikisahkan treh beliau Sri Karang Buncing, dizaman pemerintah Baginda Sri Kresna Kepakisan Baturenggong, menganugrahkan ke Bandesa Karang Buncing, selaku puncak pimpinan di dusun desa, Karang Buncing Kuta, jadi puncak pimpinan dusun daerah Jimbaran, dan Bandesa Silabumi, Bandesa Sambil, Bandesa Sege, Bandesa Garbawana, Bandesa Ujung, Bandesa Tumbu, Bandesa Bugbug, Bandesa Asak, Bandesa Timrah, Bandesa Prasi, Bandesa Subagan, Bandesa Sibetan, benar-benar turunan Karang Buncing, jadi satu dengan Batahanyar, Beliau Karang Ribut yang tinggal di Takmung, wilayah Gelgel, memiliki keharusan memiara bangunan suci namanya Pura Ribut, begitu dari dulu sepenanggungan yang berada di Batahanyar, mengurusi lokasi yang telah tua berbentuk beberapa arca, selaku pengikat persaudaraan, selain selaku simbul kesatuan kewangsaan kita semua, pada di Batahanyar, mudah-mudahan masa datang tidaklah sampai dipisahkan seketurunan pada pemujaan beliau di Pura Ribut untuk selamanya, di Pura Karang Buncing, di Pura Lempuyang Gamongan, seandainya kamu lupakan dengan seluruh pura itu, semenjak waktu itu kamu jadi orang bingung, makan, tetapi tidak berasa makan, minum, tetapi tidak berasa minum, benar-benar berat kesengsaraan kamu, sebab tidak ingat dengan tempat nenek moyang itu, itu karena itu kamu tidak kerasan di sebuah tempat, demikian selesai.

Berikut beberapa aturan Pitra Yadnya, Piagem untuk Bandesa Karang Buncing, panugrahan Dhanghyang Nirartta, pada jaman pemerintah Baginda, Sri Kresna Kepakisan Baturenggong raja pulau Bali, beristana di Gelgel, tahun Isaka 1327/1405 Masehi ( ?), bisama yang lain, bila ada turunan beliau yang paling dekat wafat di linkungannya, wafat saat sebelum putus tali pusar, diharuskan ambil cuntaka 18 hari lama waktunya, jika yang telah putus tali pusar, saat sebelum tanggal giginya, cuntaka 9 hari, bila telah tanggal giginya, diharuskan lama waktunya 27 hari, berlaku dari hari wafat, untuk yang mewangun bisa ambil Tercela, Madya, Khusus, seperti Nyawaweda, sawa prateka, pranawa, swasta, khusus, madya, tercela, diupacara bisa memakai tempat tumpang 7, memakai bahan kapas, tempat pembakaran mayat ialah sang Lembu Wara, Singasardula, Gajahmina, semua binatang bisa dipakai, untuk sebagai pendeta, manukuhin bisa memakai Lembu Cemeng, mapadmasana, menggunakan warna putih kuning, begitu agung anugrah Beliau, ke Bandesa Karang Buncing, karena Beliau asal turunan Danghyang Sidhimantra, begitu selesai.

Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

2 komentar untuk "SEJARAH PURA KAWITAN KARANG BUNCING"

  1. Saya sngat terkesan sekali dg ulasannya. Namun tyang pingin nanya dimana ada pura ribut...

    BalasHapus
  2. Pura karang ribut nike lokasinya dimana ngih

    BalasHapus